4 fuN

ABOUT BLOG MISSKEY

Kenapa dinamai Misskey ?

Okay, dimulai dr nama, ‘Misskey’ sebenarnya bukan nama pemberian ortu, melainkan dr seorang eks-fans *huehue* Awalnya, ane sndiri ga teu klo dijuluki ‘Misskey’ yang mrp inisial nama depan ane : nona ‘K’, nona ‘Kundri’… he3…

Sejarahnya, jaman awal kuliah ane ikut di salah 1 keg ekstra-kampus… suatu ketika ada topik hangat di tingkat cabang terkait secret admire & news ber’tajuk’ Misskey… Awalnya ga ‘ngeh’… tu subjek-predikat-objeknya… cm dikasih headline-nya dikit2 siy… maklum, jarang setor muka ke cabang, enakan di komisariat sendiri… [2 org kakaku dah aktif disana, jadi ane males klo diidentikkan dengan mereka]. Dasar ane-nya super cuek, lama2 si fans & tmn2 pada kesal, then dikasih tau juga lah ane sama anak2 cabang, klo tnyt ane yang lagi jadi ‘news’, halah, kok bisa… cerita slanjutnya *tiiiit* takut kepanjangan….

Dipikir2, asik juga pake nama ntu… so, ntu nama malah jadi inspirasi bwt ‘identitas’ email ane yang di sctvnews, juga di FS & di bbrp occupation yang lain… keterusan deh…

Apa pentingnya blog Misskey ?

Arti penting blog ‘Misskey’ buat ane… hmmph… blog ini ibaratnya tokoh Vicky dalam kisah nyata “Sybill dengan 16 Kepribadian”… kkkk J Dia menjadi “penghubung” dari berbagai macem kepribadian dalam diri Sybill, dia yang paling memahami kejiwaan Sybill yang kompleks… bahkan tokoh ini pula yang membantu Dokter-nya Sybill dalam proses “penyatuan” ke-16 kepribadian Sybill… pendek kata, Vicky adalah kepribadian superior yang dimiliki Sybill… [pusyiiing…. yah, mahaminya? Hmm, makanya baca dlu bukunya Sybill… dijamin takjub deh?! ]

Siapa sih Misskey

Well, ‘tak kenal maka tak sayang’… ?? so, let me introduce my self… [ga enyak juga niy, niatnya sharing tp ga mau ngungkapin jati diri] …Tapi bingunk juga niy, ngenalin pribadi yang mana? scr ada bbrp kykna… kkk…

Cerita lengkapnya biar Danie aja yang paparin key…😉

Little Misskey

Well, Misskey is an ordinary man, ups… woman dink…

Lahir dibawah naungan bintang Aquarius, anak ke3 dari 4 bersaudara ini dididik mandiri & disiplin sedari kecil [slain yang utama, dididik meyakini rukun Iman & Islam & taat beribadah tentunya, sebagaimana sodara2nya yang lain. Lingkungan keluarga besarnya NU bgt siy… sampe2 ada candaan intern, “klo tar ditanya agamanya apa, jawabnya: Agama kita NU”… kkk J Ajaran sesat dari kakak2nya tuh… Btw, waktu kecil Misskey pernah nyicipi Pondok Pesantren [terpengaruh keluarga pakdhe] tapi bentarrr bgt, coz ga nahan terbelenggu dari dunia luar… [Apa syaiton yang terlalu kuat bisikannya kali yah?? *garuk2*]… astaghfirullah…

Mandiri-berintegritas-berkepribadian kuat (cieh, bahasa keren sekarang-nya lah) adalah tujuan pendidikan ortunya… Upaya yang agak susah juga, terutama bagi Misskey. Kenapa? Babe menjadikannya anak kesayangan… [apalagi nama ‘kasih tak sampai’-nya Babe, dijadiin nama dia, berabe kan? Heran juga nyokap ngga jealous tu… Knapa juga Babe milih dia buat dikasih nama rivalnya nyokap ntu yak?… shhh… mana tu nama ngga Indonesia bgt! Kundri?! Klo dicari di google, yang bakal nongol pasti kebanyakan orang2 Belanda deh!]… dimanja, jadinya dualisme kebijakan deh… J Pinginnya dididik mandiri, tapi ngga cuma Babe, Nenek dan Tante malah ikut menjadikannya kesayangan sehingga selalu siap memanjakan n melindungi setiap saat… hehehe… Tapi smua ada sejarahnya siy… Waktu Misskey baru berumur 2 minggu, sodara sepupunya lahir… tapi baru setengah hari kenal dunia, dia udah keburu meninggal… So, tante n keluarga yang merasa kehilangan dengan kepergiannya, menjadikan Misskey sebagai pengganti kehadirannya yang cuma sesaat ntu… mayanlah dilimpahi kasih sayang dari keluarga tante juga hehehe… Well, singkatnya, masa kecil Misskey dihabiskan bersama 2 macem keluarga… sampe dia suka bingung dulunya, klo ditanya ayah-ibunya siapa? Dia malah beles nanya, “yang mana??” *khekhekhe*

Misskey lahir di sebuah kota kecil nan sejuk di Jawa Tengah. Kota tempat kelahiran Mr. Moh Roem (tokoh ‘Perjanjian Roem-Royen’), kampoengnya eyang Titik Puspa, n juga mendiknas ‘kabinet Indonesia Bersatu’ Bambang Sudibyo… kota yang dahulu kala terkenal karena bersih-nya sehingga berhasil menggondol Adipura Kencana… kota yang juga terkenal sebagai penghasil tembakau kualitas unggul [yang ini dia ga bangga, ga suka rokok & sodara2nya siy]… kota yang berada di antara 2 gunung, SUSI, Sumbing-Sindoro… yeah, TemanggungBersenyum… Bersih-Sehat-Nyaman-untuk Masyarakat J

Seperti motto kotanya, Misskey kecil juga suka Bersenyum, eh ga tepat EYD ya, tersenyum (bukan senyum2 sendiri siy…), periang, banyak omong-cenderung bawell, enerjik-ga bisa diem, (rumah kecil di kampoeng sepi tanpanya), suka nyanyi (terbukti sdari kecil klo diajak ke rumah nenek di Sala3… kakak2nya pada pucet pasi habis hoek-hoek… Misskey-nya malah… asyik nongkrong di atas sandaran kursi ntu… sambil nyanyi2… kkk… bukannya bahagia di atas penderitaan orla, tapi mungkin maksudnya mw menghibur atw mw nunjukin ke ortu ‘don’t worry ‘bout me’… kkk… sampe jadi pusat perhatian n malu2in ortu pokoknya), berkemauan kuat, haus ilmu (dah kliatan dari kecil suka sampe rebutan novel ‘Naga Sasra Sabuk Inten-nya SH Mintardja n almost sgala macem bacaan sm Babe n sodara2nya he3)… Jahil bin usil (waktu TK pernah kepalanya sampe kejepit di pager sekolahnya… Segala daya diupayakan tapi kepalanya tetep ga bisa dikeluarin… Akhirnya Babenya terpaksa dipanggil demi menyelamatkan kepalanya… kkk… Pager TK direntang lebar2 sama Babenya biar kepalanya bisa lolos keluar… fuih… Kayak Hercules ya Babenya… hehehe…), Banyak akal-apa suka ngibul ya…?? & sedikit keanehannya, suka acting…?! (waktu mimisan karena habis panas2an n manjat2 pohon, tau2 pingsan tu anak… Serumah pada geger… gotong2 dia ke kamarnya… n mayan lama ga sadar2 juga padahal udah diolesi minyak kayu putih… Nyokapnya sampe mw panggil mantri kampung… tiba2 si bandel teriak… “Haa!! Gak jadi pingsan!!”… Huh, akal bulusnya dia doang tuh biar gak dimarahi karena panas2an sampai mimisan) Heh, jadi artez? Iya juga seh, pas karnaval jaman bahela Misskey pernah dandan jadi artez hehe… foto2nya masih ada… Sungguh, cita2 yang menyimpang dari garis keturunan trah Pangeran Karso Kusumo (Kalitan, Solo) nduk!! …wekekek… Gara2 hobi bgt nonton film kayaknya, tp dasar tampang ga mendukung, jadi hobinya cm sampe tahap ikutan teater [bentar] waktu hi-skul… kkk… ditambah lagi, belakangan dia mulai lebih banyak diam, suka mikir, n bertampang serius plus jaim semenjak beranjak dewasa & sadar untuk menutupi auratnya… *cieh… gubraks*

Sepertinya, sejak itu pula Misskey mempunyai kepribadian baru… *waks* lebih menjaga diri… alim, ga se-liar, semaunya sendiri & se-innocent seperti ketika muda belia… walopun sebenernya didalem masih tersimpan kepribadian yang lama, yang kadang2 muncul kembali ketika situasi memungkinkan… *waks* misal, jumpa kawan2 lama dari kota kecilnya… yeah… klo ketawa bisa smp kliatan gigi geraham terakhirnya deh… *huahuahua* Hhh, hanya senarai dosa2 masa kecil kok… tu aja blom semua… J

Misskey & cita2 masa kecilnya

Jadi artez?? Ya ngga lah… ntu kan cuman kesesatan sementara… hehehe… Cita2 mulia yang pernah terlintas di benaknya… mmm… jadi dokter yang nylametin orang2 di pedalaman Afrika (heroik bgt), klo ngga ya pediatrician or guru TK skalian biar tar bisa deket sama anak2 n ngrasain bahagia terus… secara bahagia kan bisa bikin awet muda n umur langgeng ampe tuwir… Cita2 laen, pernah juga ngidam jadi arsitek biar bisa benahin rumah lama yang bangunannya ngga ‘berkonsep’ heheh… Cita2 jadi anggota DPR juga pernah… gara2 khayalan tingkat tinggi sama anak Bugis seusai dapetin paket wisata Jamnas 1996 ke Gedung Kura2 di Senayan… en diperlakukan selayaknya anggota Dewan… heheh… tu kejadian jaman SMP… *halah*

Trus ada lagi ni cita2 yang paling ngga masuk akal… pingin jadi Sailormoon… gubraks… (yuppy… si bodoh berkepala onde2 dari negeri Sakura… yup, Usagi Tsukino yang punya pacar guanthenk bgt bernama Mamoru Chiba, yang sebenernya adalah Max Tuxedo Bertopeng… *kya kya* yang sukanya nancepin setangkai mawar merah klo lagi mw beraksi nylametin Sailormoon… *love love* yang sebenernya ya si Usagi itu… hhmm… klo mw berubah wujud, pasti Usagi teriak “kekuatan cinta… datanglah!!” …hah, ciamik pokokna… Trus dia ciat2 ngabisin musuh2nya… Kadang2 dia dibantu sama temen2 Sailor-nya yang lain… ada Sailor Merkuri, Mars, Venus, dst… Nha, kebetulan, jaman2 SMP Misskey punya geng di skul berjumlah 10 orang yang tergabung dalam regu inti Melati Buana… Berikutnya?? Yah, bisa ditebak lah jalan critanya… dia & temen2 yang sealiran gendheng n pengkhayal tingkat tinggi suka ngayal jadi Sailormoon n the gank… huahua… menjijikkan! Padahal udah SMP juga! * kyaa!!! *

Well, berhubung ngga semua cita2 Misskey bisa diwujudkan serentak dalam satu jiwa-raga-kepribadian… & malah ada satu cita2 yang tampaknya ngga membumi… heheh… finally, dia nyoba narik benang merah dari semua cita2nya yang ‘sebenernya’ mulia… Direnung2kan… Sedari kecil, keluarga sudah menanamkan sikap mandiri dan kesadaran ‘gender’ pada Misskey kecil & saudara2nya… so, actually…

Secara global sih dia pingin jadi seorang independent woman ngga mw terlalu ambil pusing mw ambil profesi apa kelak. Yang penting, profesi yang jadi pilihan hidupnya kelak bisa menciptakan keseimbangan peran domestik & publik baginya… pokokna bisa ngurus keluarga & tetep berkarya n ngembangin kapasitas intelektual… * fuih *

Misskey Jaman Masih Skul

TK-SMU dia jalani di kota kelahiran. Jaman TK ngga banyak kisah yang bisa bikin ortu bangga… klo dongkol kale iya… kwakwak… yang kepala kejepit pagel sekolah, motong lambut temen, minta jajan ke ibu gulu, klo udah malah2 suka ngelualin julusnya Jet Lee klo ibunya ngga ngelti lagu2 yang lagi hits di kelas (L=R)… hehe… so, Mommy pasti selalu memantau n ngikutin lagu2 yang lagi diajarin di kelas Misskey… hehehe… Prestasi?! Susah diinget2, nyaris ngga ada… paling2 waktu menang lomba ‘memilih biji’ jagung, kacang tanah, kacang ijo, dll… sama deklamasi… Prestasi yang gak kalah penting, dia gak sudi klo skul ditunggui ortu… *puih* dia kan pemberani…

Enaknya waktu TK dulu, tempatnya deket banget sama kantor Babe… jadi tiap istirahat hampir selalu setor muka ke Babe n mampir ngabisin jatah minum teh Babe yang segelas gajah bengkak… semua dalam sekali tegukan panjang… Buset!! Onta darimana yak… (berdasarkan penuturan saksi2 sejarah, pak Baidi & pak Sudar yang suka bikinin minum buat Babe hehehe…). Belakangan baru Misskey tau klo mereka pasti bikin minum dobel buat Babe… Thanks God! Gak kebayang aus-nya Babe karena minumnya diembat si Onta Arab… heheheh…

Masuk eSDeh. Nakal… tinggal dikit2 lah… paling2 pas kelas 1 nyodor2kan kakinya di depan bu guru n nyuruh bu guru mengikatkan tali sepatunya yang lepas dengan dalih tangannya penuh coz bawa buku n kotak pensil… *pfuh* Untung bu Ngatini-nya telaten bgt… Naudzubillah… Amit2 jangan sampe nurun ke anak-cucu… *Amin* [Orang2 tua bilang klo anak2 suka ‘dipunji’ = ditaruh di pundak ortunya, gedhenya jadi kurang ajar gto… jadi Babe Misskey yang kena salah niy?!] padahal Misskeynya aja sih yang kebangetan…

Prestasinya yang membanggakan jaman SD… hanya… selalu langganan juara kelas, hehehe… [untung gto, jadi bisa ngimbangi dikit senarai dosa2nya hehehe…] So, saban tahun ajaran baru ortu siap tampil di panggung skul buat dikasih puja-puji sebagai ortu teladan, blah3… Anak2nya sndiri?? Mayan, 3 anaknya tiap tahun ajaran baru ngga ribet beli2 buku tulis baru… coz keseringan hadiahnya dah berlimpah… lebih malah buat satu tahun ajaran doang… Gimana lagi? Skul ngasih buku, pak dhe-bu dhe, om-tante juga ngasih hadiah samma… Hadiah dari ortu?? Sandal pernah, sepatu kadang2, tas n kotak pensil keseringan… yang paling berkesan tuh waktu dikasih kotak pensil merah yang ada termometer ruangannya pas kelas 2… hehe… secara di kelas blom & ngga pernah ada yang nyamain… heheh… Pinter juga Mommy pilihnya… mmuahh… Tapi mulai kelas 3 en Misskey punya adek, adat ngasih hadiah2 kenaikan kelas udah ngga dilanjutin sama ortu… selain berat diongkos, juga takut mendidik ngga baik… Kebutuhan berprestasi ntar cuman karena tergiur iming2 ortu… bukan karena kesadaran melakukan yang terbaik karena ortu juga udah ngasih yang terbaik buat anak2nya… *yeah*

SMP-SMU biasa2 aja, ngga pernah kesampean jadi numero uno… hanya aman pada posisi 10 besar di kelas. Yang mengesankan baginya adalah pengalaman berorganisasi di dalam-luar sekolah. Jaman SMP, di Pramuka ia terpilih menjadi salah seorang anggota regu inti, Melati Buana namanya… [kelompok ‘sok’ elite di skul] sebuah kesempatan berharga yang membawa ia beserta teman2 satu kontingen memperoleh pengalaman kemah 12 hari di Buper Wiladatika Cibubur Jakarta, mengikuti Jambore Nasional 1996, [sebelomnya, ikut Jambore Daerah 1995 di Kudus] bertemu dengan teman2 sebaya dari seluruh penjuru nusantara bahkan juga beberapa anggota GP (gerakan pramuka) dari manca, dapet kesempatan menjadi anggota parlemen di DPR RI [walopun pura2…] jaman itu rasanya bangga bgt bisa duduk di kursi parlemen bo’… ga smua anak dapet kesempatan yang sama lokh… [Klo sekarang mah ga takjub lage, mw kapanpun bisa kluar-masuk DPR] mengikuti kegiatan Jamnas ‘96 yang kaya ragam budaya… *ga terlupakan deh*

Jaman SMP ia juga sempat mencintai Filateli & bergabung di perkumpulan yang dinamai PPF. Misskey juga pernah mengikuti PMR tingkat Madya & bersama team skul-nya berhasil menggondol juara I LCC PMR & sekaligus menyabet juara umum… sebuah kenang2an bagi skul-nya tercinta di SMP yang disebutnya Greeza.

Memasuki masa SMU [SMU yang punya motto ‘Citta Cundara Karya’] Misskey masih melanjutkan ‘karir’ kepramukaannya… he3… Ngga hanya di skul, tp juga di luar skul dengan bergabung di Saka Bhayangkara polres Temanggung. Sebuah pilihan hidup yang menuai banyak pertentangan di kalangan keluarga maupun teman2 sekolah. ‘Hare gene masih ikutan Pramuka?’… ada lagi yang bilang ‘PKI’ pada geng-nya… jangan marah dulu, PKI kepanjangannya ‘Pelajar Kaus kaki Item’ coy… kkk… [secara Pramuka emg mewajibkan kaus kaki warna ntu buat sragamnya]. Misskey still calm n nothhing to loose menanggapi candaan teman2nya. “Lo pada ga tau se… pernah nyobain nembak? Pake peluru betulan dunk. Panahan? Rappling, naik turun tebing or jembatan tuinggiii… pake seutas tali? Nyelam? Lo pada ga ngrasain belajar survive, ga ngrasain merancang acara berbulan2 n nyari2 donatur, & yang jelas ga kenal orang2 yang kite kenal karena ikutan ekskul ini lah…” [barangkali anak2 sekarang lbih cinta mall… ga nyadar klo itu makin meminggirkan kaum marginal… *sigh*]

Kesempatan pertukaran pelajar Saka Bhayangkara ke Sidney & Mongol, sayangnya ga kesampean karena anggaran daerah kurang bwt itu coz habis buat ndanai anak2 Penggalang/SMP yang ikut Jambore Internasional ke Chile. *sigh* Tapi mayan juga lah… Pramuka bikin dia bisa ikutan Semanggi I Jateng di Gunung Pati Semarang, Raimuna Daerah di Moga Pemalang, Kembara di Rowo Seneng.

Slain Pramuka, Misskey juga ikut Tonti, pleton Patriot-Satria. Sempet ikutan lomba PBB di Taruna Nusantara, tapi skul-nya kalah hehe… ya iyalah… ditarungkan sama anak2 TN yang saban hari menunya PBB !! Misskey juga pernah ikutan KIR (Karya Ilmih Remaja) [bentar], teater [juga bentar]… hehe… Ketika SMU Misskey pernah mendapatkan beasiswa bakat & prestasi karena aktivitasnya tersebut… [sampai sekarang dia masih ngga habis pikir kenapa skul ngasih dia beasiswa itu… berbakat ngga, berprestasi apalagi… hehe… Saking kayanya anak2 SMU I kale, jadi bingung mw diapain aja duitnya… jadinya dikasihlah ke Misskey yang hobi ngeluarin duit buat ndanai kegiatan ekskul dia kemana2… kalee… hehe…] Karena beasiswa tersebut, ngga berselang lama dia kemudian ditunjuk untuk mewakili sekolah ke Semarang untuk temu wicara dengan Depdikbud Propinsi, selama 4 hari. Guru2 BP tahu dia vokal & bisa diandalkan. Depdikbud Kabupaten menunjuknya untuk memimpin rombongan, 6 siswa dari sekolah yang berbeda2… Nha… ni kalee sebabnya!! Syapa lege anak SMUSA yang hobbies keluyuran ke luar2 kota… n cuap2 ma publik atw protes ke Pejabat?! Pas deh!

Merasa jadi utusan skul, tambah mantaplah ia meninggalkan pelajaran skul… hehe… [habis, klo buat urusan ekskul, ijin/dispensasinya suka dipersulit…] Sempet khawatir ketinggalan pelajaran skul?? Ya iyalah! Secara udah kelas 3 mana pesaing2 di IPA 1 ngeri2… Tapi GPP ding, kan masih ada sohib2 gaul yang bisa dipesenin catetan n skalian dibajak dijadiin tentor besok… kkk… *Merdeka!!* Nyatanya ngga rugi tuh selama di Semarang (di PHI) dicekoki macem2 ilmu yang ngga bakal di dapet di skul… diskusi n debat macem2 topik, dapet banyak temen2 baru dari berbagai skul… hmm… Ini yang Misskey cari…

Ngangsu Kawruh di Kota Pelajar

Jalan hidupnya cukup berliku… tapi ngga ada kata ‘menyerah’ dalam kamus hidupnya. Tidak lolos UMPTN, dia ambil program Diploma di Kearsipan Fakultas Sastra UGM [sekarang Fakultas Ilmu Budaya] yah, terus terang, jurusan yang dipilihnya karena patah hati… bukan karena bener2 diinginkan… ssshh persaingan IPA-IPC ketat seh!! Apalage ortu dah ultimatum, dilarang keluar Jogja… bukan knape2… irit klo ketiga anaknya kuliah bareng di satu kota… Wuaduh, persaingan di jurusan yang kuidamkan susyahnya minta ampiun… apalagi klo harus di UGM… klo boleh pilih selain di UGM barangkali masih bisa nyanthol… Huaduhhh!!

Well, bidang Sastra dia suka bgt, tp klo jurusannya Kearsipan… jauh2 dari bayangan deh… (ni gara2 advise kakak pertama deh!! ‘Pokoknya kuliah di UGM! Hidup UGM!’ Tapi dah terlanjur ketrima… yaaa eniwei inilah jalan hidup dia). Jogja kemudian menjadi tanah air keduanya sejak tahun 2000. Jogja sudah membuatnya jatuh cinta tanpa tau alasannya mengapa??

Karena tidak cukup puas menimba ilmu di kampus Sastra-nya, dia mulai mendobel2 kuliah di kampus HMI-Bulaksumur [atw kerennya: HMI-cabul] & BEM KM UGM di Gelanggang Mahasiswa… he3X… daripada nongkrong di kampus Bonbin, yang kebanyakan isinya seniman2 sableng nan cerdas… kkk… ga cucok buatnya… Misskey masih merasa energinya berlebih, jadi dia iseng2 ikutan menjadi ‘Duta Gerhana 2000’ DIY, ikut memberantas narkoba ceritanya… mayanlah sampe semifinal n fotonya dipajang di Sekaten-an, sempet ikutan lenggak-lenggok di catwalk di Galeria… he3, sungguh konyol [dipikir2, aneh bgt, Duta pemberantas narkoba kok sleksinya lenggak-lenggok… sungguh dunia yang aneh…] Dia juga nambah kuliah bahasa, budaya & musik Korea… (maruk… he3…) mw ikut juga kuliah Turki or Spanyol, tp jadwalnya tumbur2an… terpaksa deh dikorbanin!

Keluarga di rumah mulai khawatir juga dengan sepak terjangnya… kok mulai kumat lagi mborong2 kegiatan… jangan2 lupa pada tujuan awalnya menuntut ilmu di kota pelajar… Bukankah ‘batu loncatannya’ harus dilompati, bukan malah dinikmati… bukankah masih pingin menggempur UMPTN lagee bwt ambil S1 langsung… biar bisa lanjut S2 dst. blah3X… Ayahnya yang sangat ‘study-oriented’ mulai mengeluarkan ultimatum untuk segera menghentikan segala aktivitas di luar dunia perkuliahan… *ngeri juga*

Dasar bandel! Anak papi! Setelah masalah mereda, diam2 dia kembali ke dunia-‘lain’nya… merancang skenario & ikutan demo2 di Bunderan dengan teman2 BEMnya di dept. Penguatan Masyarakat Sipil. Dia adalah 1 dari 2 perempuan di dept. yang emang minim perempuan tersebut… *hikhik* Tahun pertama di BEM adalah tahun2 paling berkesan selama di BEM baginya… karena dept.nya begitu solid & ia sendiri masih ‘bau kencur’, belum terkontaminasi oleh politik praktis di kampus…

Tahun berikutnya ia masih suka dengan BEM… ganti kepemimpinan, ia pindah ke dept. Hubungan Antar Elemen Gerakan… jabatannya naik sedikit menjadi ketua divisi internal kampus… Ia bukanlah orang besar di BEM, dan memang tidak bercita2 demikian. Ia hanya satu dari beberapa orang di balik layar… BEM masih menyenangkan, tapi menjelang akhir kepemimpinan, konflik mulai terjadi… Ada ‘oknum’ double agent yang berusaha membuat kisruh BEM & mengobok2 HMI vs KAMMI. Misskey tidak menyukai politik praktis yang terjadi di tubuh BEM & HMI… Ia tidak bersimpati terhadap ‘politik dagang sapi’ di kalangan organisasi2 kemahasiswaan… karena seringkali mengaburkan tujuan adanya BEM yang seharusnya mampu melayani civitas akademika, menampung aspirasi mereka, mengkritisi kebijakan pemerintah & birokrat kampus, menjadi tim advokasi bagi mereka yang lemah, menjembatani komunikasi dengan birokrat kampus… & pokona bener2 mewakili grassroot lah… bukan sok ng-elit gitu… Kecewa, mahasiswa sama saja dengan penguasa klo sudah mulai ikutan politik praktis… Rebutan pengaruh & popularitas, padahal yang menikmati cuma sekelompok kecil penguasa…*huh* Ini baru kelasnya elit kampus, gimana ntar klo dah jadi elit bangsa?? Jadi Misskey mulai megendurkan aktivitasnya di organisasi tersebut…

Masuk tahun ketiga sebenarnya ia masih sebel, tp coba diacuhkannya. Harapannya, presma yang baru bisa membawa angin segar… & semoga si ‘oknum’ ga banyak tingkah lagi. So, di BEM ia mulai beralih haluan, dari yang urusan politik ke dept. yang lebih mengurusi masalah sosial… yah, di dept Sosmas dia bergabung sebagai org baru… dapet suasana yang sama sekali baru coz anak2 baru tidak kenal dengan dia sebelumnya siy… tp kebersamaannya dengan dept. tersebut tidak bisa lama karena ‘kesadaran’ [baca: ‘keterpaksaan’] untuk segera menyelesaikan kuliah Sastra-nya…

Setelah PKL n serangkaian perjuangan nulis TA, akhirnya, Rabu, 20 Agustus 2003, wisuda pertama Misskey [coz dia yaqin bgt, ngga pingin mengakhiri perjalanan mencari ilmu hanya sampe tingkat D3]. Semalem ngga bisa tidur coz ndhoboz2an (cerita2 riuh) mpe malem n desak2an tidur di kamar kos… macem ‘pesta bujang’ aja he3… Dah geto 2 org PW yang udah ngisi form pendaftaran dari jauh2 hari pada akhirnya ngga ada yang jadi nongol (hihi… rival-an seh!)… tau pihak lawan mw jd PW, pihak yang satunya jadi ngga sudi dateng… Karena ternyata dua2nya berpikiran demikian, jadinya malah ngga ada yang jd dateng… kkkk… Hhhh baguslah, kebetulan, biar dunia damai sementara tuk hari ini J Paginya, Misskey dengan make up minimalis udah stand-by di GSP (Gedung Sewa Penganten, Graha Sabha Pramana). Ketika nama2 wisudawan terbaik dipanggil & diminta berdiri… dadanya berdebar keras… Dia ikut berdiri, “Babe-Ibu’… Danik bukan anak papi lagi… & ini persembahan buat ayah-bunda atas semua jerih payah & kerelaan untuk mencurahkan setiap tetesan keringatnya demi mendukung kemajuanku selalu”. Dalam hati dia bertekad tidak akan mengecewakan ke2 ortunya lagi. Detik itu juga dia nawaitu akan bersungguh2 memenuhi harapan ortunya untuk lebih fokus studi di jenjang berikutnya… insyaallah…

Study Oriented

Alhamdulillah, 2 hari pasca wisuda, Misskey dapet pengumuman lolos seleksi masuk Program Matrikulasi Fakultas Ekonomi UGM. Hari berikutnya dia udah langsung ikut kuliah umum & Senin berikutnya mulai kuliah biasa… ni syarat wajib biar dia bisa transfer kuliah ke jalur yang agak menyimpang dari bidang keilmuan awal… Sastra ke Ekonomi he3… ‘The Matrix’ FE makan waktu 1 semester sndiri bo’… buset! Tapi fun bgt ternyata!

Ntar2… gimana critanya kok dia alih jalur ke Ekonomi?? yang notabene ilmu yang paling ngga digandrungi-nya n paling dihindarinya jaman hi-skul…?? Kenyataan bahwa dia pada akhirnya kuliah di situ, seperti pepatah Jawa ‘gething-nyandhing’ (terlalu benci-jadi suka)… huahahaha…. Gimana lagee ya, pertimbangan logis-ekonomis sih… klo dia maksain kuliah Psikologi (ilmu yang tiba2 digandrungi-nya sejak mulai kenal fakultas2 non-eksak UGM) dari nol, dia buang2 banyak duit n waktu… Apalagi, ntu berarti dia menyia2kan ilmu Kearsipan yang sudah ‘terlanjur’ diperolehnya… Klo mau lanjut ke Ekonomi, arah penyimpangannya ngga terlalu jauh… secara letak geografis, tinggal nyebrang jalan Humaniora hehe3… secara keilmuan, tinggal nambah beberapa mata kuliah tokh?? Kan beberapa matkul ada yang sama dengan yang sudah dia peroleh di FIB??

Pertimbangan logis masuk FE lebih diperkuat setelah mendapatkan hasil ‘curhat’ dengan psikolog di BK F.Psi UGM. Misskey jadi tahu, ketertarikannnya terhadap Human Behavior n teori2 motivasi juga bakal dia dapet di FE. OK dech. Mantabbb!!

Blah3X… kuliah2, ujian2, lulus Matrix FE… Misskey masih harus tes lagi buat masuk Program Swdaya (ekstensi) Fakultas Ekonomi. Ribet?? Embrung… Untunglah lolos lagi tes masuknya… Kali ini baru bener2 dinyatakan resmi jadi mahasiswa FE n berhak dapet kuliah di FE.

Awal kuliah, mayan syok dengan pola mengajar & lingkungan akademisnya! Beda jauh ma FIB, padahal klo ditilik dari letak geografis mah tetangga deket bgt… Yah, ngga heran, FE banyak proyekan siy… makanya orang2 di dalamnya n fasilitas2nya juga jauh lebih ‘keren’… Jadi kayak ada ‘gap’ klo lihat FE dengan FIB or Filsafat… *sigh* Jadi kayak Jakarta vs kampung suku Badui.

Di FIB dulu nyante bgt… tugas2 ngga terlalu bejibun, teknologi yang dipake pun masih ‘ala kadarnya’, dosen-mahasiswa akrab, dandan lowprofile… berasa bgt kuliah di UGM yang notabene ‘kampus rakyat’, kuliah peke sepatu sendal no problemo (malah dlu ada cerita jaman kul di FIB, ada kakak tingkat yang bersendal jepit, ditegor dosen, suruh ganti sepatu or at least sepatu-sendal… Tau ngga yang dilakukannya? Dia ke kantin nyari tali rafia, ntu sendal jepit diiket rafia ke pergelangan kaki… jadi niru salah satu model sepatu sendal… kkkk kreatif bgt kan? Hhmmm klo di FE penampilan yang kayak begituan udah ‘digebah’ jauh2 dari kampus deh!)

Di FE… tugas bejibun, musti akrab sama teknologi, dandan ‘profesional’ lah, n pergaulan agak ‘ng-Elit’… Adaptasi, yuuks… ntu emang udah bakat alami makhluk hidup… ga terkecuali Misskey, walopun dia ngerasa setengah berlari mengejar ketertinggalan ilmu ekonomi-nya… Masyaallah… banyak bgt yang dia ngga gape, ngga ngeh soal ekonomi… padahal sedemikian menariknya ilmu ini ternyata… Mulai dari nol deh! Gimana lagi? SMU ngga dapet kelanjutan Ekonomi coz dari IPA… minat juga kaga’… ngapain repot pelajari?! Hhh sekarang udah terbalik! Misskey jatuh cinta setengah mati sama ilmu barunya… Prihatin juga seh, pas lulus2an program Matrix FE kmaren aja dia cuman dapet 1 nilai B… *sigh* tapi mayanlah… coz yang laennya… hehehe, alhamdulillah A… Hhhh tapi nilai bukan ukuran siy, buktinya, dia teteeep aja bego soal ekonomi…

Waktu terus berjalan, ada yang salah lagi dengan jalan hidupnya… padahal sudah setengah jalan dia kuliah… ketika tiba2 dia sadar, bukan ini yang dicarinya… Ilmu ekonomi yang kiblat ideologinya liberal… halah! dicekoki kepercayaan yang besar pada ‘mekanisme pasar bebas’ & sodara2nya… secara dia ngambil jurusannya Manajemen siy… (salah sendiri!) gimana lagee…

Ngidam kuliahnya pak Sony (Revrisond Baswir) ngga kesampean di bangku kuliah FE, bliau kan ngajar di jurusan IESP (yang suka diplesetkan jadi Ilmu Ekonomi Sisa Penjurusan padahal menurut Misskey adalah saripatinya FE lox) …yah, hiburan dikit lah pas dia bisa talking2 sama pak Sony di IDEA lantaran urusannya KM UGM. Kuliah ngga resmi GPP deh… Blom lagi kuliahnya pak Mubyarto, pak Hani… halah, Misskey bener2 kecewa karena ngga bisa mendalami Ilmu Ekonomi gara2 ‘terpaksa’ salah pilih jur Manajemen (nyatanya ekstensi FE cuma bisa nampung jur Akuntansi n Manajemen ding… yang lebih laris manis di ‘pasaran’ kalee…). Yah, bersyukur, masih bisa ketemu bu Endang di kuliah singkat Perekonomian Indonesia… walaupun blom puas!!

Nyesel kuliah di Manajemen FE? Ya ngga lah… semua disyukuri kok! Nyatanya dia nglanjutin perjuangan sampe khatam. Kuliah dinikmati bgt… di FE banyak kesempatan buat cuap2 di muka kelas, buat debat, dll. mana fasilitasnya juga OK’s bgt… Dosennya pun memfasilitasi dengan baik. Hmm… buanyak kenangan di kampus itu lah… J Blah3X…

Slese ambil teori, dia ikut KKN… Kalau tmn2 pas lagi kumpul2 n curhatan plus berkeluh kesah tentang KKN di tempat mereka… Misskey beda, dia pasti cerita senengnya… mlulu… Have fun deh di KKN J Misskey rupanya terlena dengan KKN sehingga ketika dia balik ke kehidupan kampus lagi, sebagian temen2 udah meninggalkannya untuk segera menyelesaikan skripsi… wuaduh! Udah banyak yang pada ‘curi start’… ngga kyk Misskey yang masih ogah2an… ee lha ndilalahnya (bhs Jawir: unfortunately), pengumuman ‘jatah’ Dosen Pembimbing kok ya luamaaa geto kluarnya… Pelajaran hidup buat Misskey, ‘anak2 FE tuh sangat kompetitif’ ! Mau tak mau dia juga harus segera nyicil mempersiapkan skripsinya. Mau apa lagi? Teori udah kelar, KKN udah usai…

Nyicipi Dunia Kerja

Baru mulai mengerjakan skripsi, Misskey merasa energinya ngga sepenuhnya terpakai… dibuang sayang… coz Masa2 kuliah FE dia udah berhenti dari segala kegiatan ekstra-kampus… bukannya ngga tertarik lagi sih, cuman waktunya yang ngga banyak lagi, dia kan musti ngejar ketertinggalannya dari anak2 FE reguler… Jadi masa2 itu dia berasa bgt kurang kerjaan! Cuman ngerjain skripsi, ya boring bgt… mana pak Fahmy-nya terbang2 mlulu… Akhirnya, dia iseng2 ikutan sleksi Tentor Primagama.

Rangkaian sleksi admin, tes2 tertulis, mikroteaching, n wawancara dilaluinya dengan mulus… Mayan, dia ngga gitu merasa kurang kerjaan lagi, dah geto nambah temen n wawasan baru… gaul ma guru2 n calon2 guru dari UNY, UII, dll… heheh ngga nyangka juga dia kok bisa ketrima… mengajar? Masalahnya, apa yang bisa dia ajarkan? Ilmu Ekonominya aja masih cetek… modal nekat n PD doang siy… Haduh, gimana ni musti mempertanggungjawabkannya?? Lagi2 adaptasi, belajar n belajar hal2 baru… dia kan ngga di-set buat ngajar mapel Ekonomi SMP-SMU, makanya belajar lagi banyak2 tentang mapel Ekonomi… yah, alhamdulillah deh…

Ngga berselang lama, tengah asyik2nya Misskey menikmati kerjaan jd tentor (plus nyambi bikin skripsi)… someday, HPnya bunyi… well, bu Lala menghubunginya untuk menanyakan kesediaan dia menjadi asistennya. What?! Setelah 8 bulan berselang dari saat Misskey memasukkan lamarannya… Yah, kenapa ngga dari dulu… tapi, ngga papa deh… apa salahnya dicoba? Ngga semua mahasiswa dapet kesempatan yang sama kan… Tapiii… ntar gimana dengan kontrak kerja di Primagama dunks? Bagaimana pun dia kan udah kadung teken kontrak! Masa tiba2 dibatalkan? Gak sopan bgt!! Misskey menyampaikan keadaannya pada bu Lala… en no problemo beliau bilang!! Siip…

Paginya Misskey jadi datang ke ruang kerja bu Lala di kampus.

seorang sahabat kembali

Asdos

…….. ane lanjutin kpn2 deh….

Dunia Khayal… Nyata

Pas gedhe n udah agak serius dikit, pingin jadi dosen coz dah nyampe kursi asisten… ngga puas lah jadi asisten doang… susah kesampean… akhirnya banting setir malah jadi pialang, tapi karena bukan jiwanya berspekulasi sih… jadi banting setir lagi mw jadi analis di mbahnya perbankan… eh, susah lagi… akhirnya nyanthol juga jadi… ?????

LSM Lapera – gempa Jateng-DIY

PT. Graha Finesa

Sleksi Deplu

Sleksi ANTAM

Sleksi PCPM BI

Sleksi BPK

HOWGH!*

*) Kata2 khasnya Winnetou-kepala suku Apache klo udh mengakhiri pembicaraan.

You can contact me by email, YM, or FB at:

misskey_ok@ymail.com

FS, Twitter, n BBM –> not allowed… maappp….   :p

 

 

 

17 Tanggapan

  1. Wew,
    Harusnya judulny otobiografi mba…
    Lumayan panjang n membuat sy hrs mengeluarkan jurus fastreader sy…

    Yah…selamat datang didunia kerja kami…(sy dgr mba ketrima di bpk y)
    Sepertinya institusi ini membutuhkan org seperti mba

    Kami persilahkan untuk bergabung dgn barisan kami (stanbpk2006)

    Saya tunggu di makassar eh mamuju eh makassar ya mba…

  2. Oh ya…kalo butuh contact person seandainya nanti penempatan di perwakilan
    Hubungi saja kami, maka kami akan dg senang hati membantu semampunya

    *saya telah berbicara…Howgh…

  3. khekhekhe… senengnya dpt temen baru… 🙂 Thanks yup, sempet2nya baca ocehan panjang saya… Insya4JJ1 saya kontak klo dah mw penempatan yup. Skrg mah lg ribet cari2 perbekalan bwt karantina 4 bulan ntu….

    Tengkiu skali lage

  4. sampai juga di BPK huehehehe … btw, ati ati banjir yah, soale diklat BPK di kalibata itu, kalau hujan deres, pasti banjir hohoho …😀

    Papa, ane diklat prajab, orientasi keBPKan, n diklat auditor ahlinya gak di pusdiklat Kalibata, tp di Balai diklat Jogjaaa…
    Kmaren doank pas udh mlai pindah ke pusat, diklat kePUannya di Kalibata

  5. kenapa diNamai MissKey?
    >>>>Kunci….gt mksdMu?

    1. kunci Kesuksesan…!!! (Mungkin…?) keto’e FITNAH yow…!!!
    2. kunci Inggris….
    3. kunci Omah….
    4. kunci…(oh…Boros Kunci…!!!) ha..ha…ha…..

    mbkyu…. moga sukses wae….!!!
    ga’ usah bola-bali wae…!!!
    mbok2-an…..!!!
    wis gedhe ko jeh mbok2-an…. aneh…..
    ak ja yg dJogja jarang pulang ko’….
    mlh yg dJkt sregep mulih…??????

    ah….. ben,nek ra ngono yo dudu mbkyuku ta?
    wss……. slm bt CALON kakak ipar yup….!!! sopo nuk jenenGe? lali…!!! eh,ak keceplosan Ngomong…!!!!! sorry yuaw…….??????
    muah2….

    http://betweendreamsand.blogspot.com

    hoeh!!! Mulutmu tu diskolahin! AsBun!!
    MissKey? setupid… jgn terjebak baca di tab ‘about misskey’

  6. sumpah mis… banyak banget miss

    tapi keren
    jadi terinsiprasi
    lain kali saya mau buat yang lebih panjang

    haha

    salam kenal,,,

    *newbie

    Welcome Aira… huehehe ntu aje blon slese autobiografinya… Thanks ya dah mampir, ane gentian nyurve elu dah…

  7. He..he..
    Podo2 cah manggung tho, kenalan boleh dong..,

    Kena wae.. manggungmu ngendhi? Lha kok gak ono profilemu?

  8. Aku kendal budhe😀
    Ngisore manggung tah..

    ho’o..
    eh, Kendal ki nek seko TMG.. lewat Semarang ato Sukorejo to yo..??

  9. Wah pernah ngikut Jamda IX di Buper Abiyoso, Menawan Gebog Kudus.. Sama, dong! Cuman gua dari kont. Pati. Mungkinkah situ pernah ngisi buku kegiatanku? kali aja

    Wew, Salam Pramuka!! xixixi..hare gene..😀 Thanks 4 coming
    Iyo mas, dlu jaman msh imyut2s ikutan Jamda di Kudus.. wooo kmu ikut jg.. Kontingen Pati humm.. kalian dlu yg nampilkan tarian.. apa tuw.. yg pasang2an n yg cewek2 pake payung tuw.. Rancak.. Bagus bgt.. sampe sekolah pun, kami masih membicarakan performance-nya lox.. Tuw bener dr Pati, ato kontingennya tuan rumah yak..???

    Buku Kegiatan.. sapa namanya.. yg pasti bukan Alamendah kan..?😀 aq msh nyimpen rapi buku2 kenangan jaman msih ‘menggilai’ Scouting.. xixixi.. Klo skrg disuruh ikut lagi.. tappe dwehh.. Tapi bener2 pengalaman masa belia yg menyenangkan.. aren’t U.. 🙂

    • Beberaoa tahun, sejak 2009, akhirnya nyasar lagi ke mari. Keknya bukan atraksi dari Pati, deh. Waktu itu kami gak nampilin tarian tapi operet, kok.

      Di buku kegiatan dulu, kalau ada, paling Ali Munir.

      Salam pramuka, *Jangan salah, disela2 kesibukan saya masih menyempatkan diri menjadi pembina pramuka. Meski hanya tingkat sekolah pinggiran.🙂

  10. wow..
    asyik bacanya, bisa menginspirasi..
    salam kenal mbak,
    aku baca trik n tips nya mbak masuk BPK sampe semua comment, cukup banyak membantu…
    sekalian mohon bantuan doanya ya, biar bisa lolos n ketrima di BPK, pingin ngikutin jejaknya mbak🙂

    Tq dear…🙂
    tryus gmn nih… ude ketrima di BPK kah? dpt penempatan dmn say…?

  11. Hedehhhh….niat banget jeung nulisnya… uda jadi buku biografi neh, ngalah-ngalahin biografinya Krisdayanti ahahaha *lebay*

    Nice…mampir juga ke “rumah” aqyu iaaa ^^

    Yiuuu djeung…😉
    ha5x… autobiografi say… sedapppp….

    OKs…gw ude mampir barusan tuh…😉 nice blog also😉
    ayo,bikin biografi jg… kqkqkq…

  12. duhhh…i’m just an ordinary person…belon pengen cerita apa2 ttg diri gw wkwkwk… yo kapan2 lah nek ada ide😀

    ha5x…. Itu dlu gagasan nongol tiba2 aja djeung…
    wkt lg butuh merenung (baca: meratapi nasib yg gak jelas) kqkqkq…

  13. btw,,, hebat juga neh udah punya banyak pengikut hehehe…gw mah ngeblog cm bwt hv fun so cm org2 terdekat yg tau😀

    aq jg awalnya cm iseng… sharing pengalaman aja kok,,, Tp ternyata memberikan manfaat bwt org lain yo Alhamdulillah…🙂

    Btw,pengalamanmu n d gank (Okit dkk) seru2 jg lox…😉

  14. Numpang ninggalin tapak kaki…

  15. Hello, Neat post. There is an issue together with your website in web explorer, could test
    this? IE still is the marketplace chief and a big component of
    folks will omit your wonderful writing because of this
    problem.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: