Menaklukkan TOEFL ala Misskey_1 Mengenal TOEFL

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah salah satu model pengujian bahasa Inggris yang digunakan untuk mengukur tingkat kecakapan atau profisiensi mereka yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu (non-native speaker).

? Jenis TOEFL & skornya

TOEFL terdiri dari dua jenis, yaitu Computer-based Testing dan Paper-based Testing. Model computer-based adalah ujian TOEFL yang menggunakan komputer. Skala penilaiannya berkisar 40-300. Sedangkan paper-based adalah ujian TOEFL yang menggunakan kertas sebagai media pengujiannya. Skor penilaiannya berkisar 217-677. Bentuk kedua ini adalah yang paling banyak & lazim digunakan.

Batas minimal skor TOEFL?? Relatif, tergantung Perguruan Tinggi atw institusi yang membutuhkan. Beasiswa ke luar negeri untuk S2, misalnya, butuh skor antara 450-550. Klo untuk S3 biasanya diatas 550. Sedangkan untuk program pascasarjana universitas-universitas di Indonesia biasanya minim 400. Buat syarat nglamar posisi dosen, rata-rata minim 550. Buat masuk Bank Indonesia, minim 500. Klo BRI, minim 450. Buat masuk Deplu… tinggi lagee…

? Model Pengujian

Ada 4 bagian yang diujikan dalam tes TOEFL :

1. Listening Comprehension

Peserta diuji untuk menyimak pembicaraan atau bahasa lisan yang digunakan dalam bahasa Inggris. Percakapannya berupa dialog maupun monolog.

2. Reading Comprehension

Sesi ini digunakan untuk mengetahui kemampuan gramatikal, termasuk gaya bahasa dalam bahasa Inggris. Jenis soalnya, melengkapi kalimat dengan kata yang paling tepat, atw menemukan kesalahan dalam sebuah kalimat.

3. Structure & Written Expression

Sesi ini ditujukan untuk mengetahui pemahaman terhadap teks-teks bahasa Inggris. Tipe soalnya, tentang arti, ide pokok bacaan, informasi spesifik, atw kosa kata tertentu dalam bacaan.

4. Test of Written English

Sesi TWE ini jarang digunakan siy… tes Deplu, BI, BRI, Beasiswa S2 ngga pake tuh… tapi pas tes di ANTAM ni sesi kepake’… Tambahan dikit, skor TWE ini diberikan secara terpisah dari skor TOEFL secara keseluruhan. Skala penilaiannya berkisar antara 1-6.

Sesi ini dikhususkan untuk mengetahui kemampuan tulis menulis dalam bahasa Inggris. Temanya biasanya udah ditentukan n peserta tinggal menuangkan idenya terhadap topik tersebut. Di Antam dlu opsinya ‘tahapan menuju jenjang pernikahan, n peserta diminta menekankan tahap PDKT sebagai important stage’ kira-kira begitulah… satu lagi ‘opini bebas terhadap perilaku membunuh binatang dengan cara dipukul dengan benda tumpul’…

? Model Pertanyaan

Semua jawaban dalam tes TOEFL menggunakan model multiple choice, terdiri dari empat pilihan jawaban A, B, C, D. “Jeng… klo jumlah pertanyaan & durasi waktunya piye??”

Listening Comprehension à 50 pertanyaan à 35 menit

Reading Comprehension à 40 pertanyaan à 25 menit

Structure & Written Expression à 50 pertanyaan à 55 menit

Test of Written English à 1 topik esai à 30 menit

“Jeng… gw tegang bin sutris duluan saban kali mw tes TOEFL… solusinya jeng??”

Baca di Menaklukkan TOEFL ala Misskey 2. PERSIAPAN UMUM

* disarikan dari Buku Pintar TOEFL

karya Irham Ali Saifuddin, dkk

cetakan ke8, November 2006

oleh Misskey

dibumbui dengan beberapa pengalaman pribadi & informasi dari berbagai sumber J

Satu Tanggapan

  1. Menaklukan itu pasti ada sedikit problemnya,,,
    tapi semua itu pasti ada maknanya juga…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: