Kunci-kunci menggempur TOEFL ala Misskey_bag 1

1. Listening Comprehension

Bagian pertama yang diujikan dalam tes TOEFL adalah Listening Comprehension. Namanya juga tes Listening, so, jangan ngarep percakapannya bakal tertulis di lembar soal yak… Anda akan mendengarnya dari perangkat audio. Dan inga’… ngga ada second chance buat dengerin percakapannya… jadi simak baik-baik… Pertanyaan yang diujikan sebanyak 50 yang terbagi dalam 3 bagian. Durasi waktu untuk menjawabnya hanya selama 35 menit termasuk untuk membacakan perintah pada masing-masing part, menyimak percakapan, dan menjawab soal.

? 3 Bagian dalam Listening Comprehension

§ Part A

Terdiri dari 30 percakapan pendek antara 2 orang, laki-laki & perempuan. Temanya tentang kehidupan sehari-hari di AS, mulai dunia kerja sampai lingkungan akademis. Tiap percakapan diakhiri dengan 1 pertanyaan. (nomor soal 1-30)

§ Part B

Terdiri dari 2 percakapan panjang antara 2 orang, laki-laki & perempuan. Tiap percakapan diikuti dengan 4 pertanyaan. (nomor soal 31-38)

§ Part C

Terdiri dari 3 pidato panjang (talks) & hanya melibatkan 1 orang (monolog). Biasanya berupa ceramah akademik atw perkuliahan geto deh… Masing-masing talk diikuti dengan 4 pertanyaan. (nomor soal 39-50)

Banyak kawan yang mengeluhkan bagian ini sebagai bagian paling sulit dalam tes TOEFL… padahal klo ngerti strateginya, kesulitan bisa diminimalisir lox… Bahkan bagian ini bisa buat nolong skor Anda di bagian yang lain, misal Structure & Written Expression… So, apa niy strateginya jeng?? Berikut ini linggis-linggis yang bisa dibuat menggempur TOEFL J :

? Kunci Umum

§ Kunci 1

Pahamilah bentuk-bentuk perintah (direction) pada masing-masing bagian (part) dengan baik, sebelum hari H ujian.

Dengan memahami perintah sebelum hari H, Anda dapat menghemat waktu ujian & bisa langsung fokus pada soal yang diujikan.

§ Kunci 2

Baca pilihan-pilihan jawaban pada masing-masing soal sebanyak mungkin ketika narator sedang membacakan direction dan contoh soal (example).

So, Anda bisa memperkirakan tema yang akan dibahas dalam percakapan nantinya. Anda sebaiknya mengingat-ingatnya, sehingga Anda bisa fokus ketika mendengarkan percakapan.

Tapi hati-hati! Dengerin dulu aturan maen-nya… coz banyak juga lembaga penguji yang melarang peserta tes untuk ‘ngintip’ pilihan-pilihan jawaban yang ada di halaman berikutnya… salah-salah, Anda di-diskualifikasi dari medan laga… kan repot…

§ Kunci 3

Dengarkan dengan penuh konsentrasi dan fokuskan perhatian Anda pada percakapan yang sedang Anda dengarkan.

Inga’… ngga ada second chance buat dengerin percakapan… jadi konsentrasi is a must! Sekali kehilangan konsentrasi, kemungkinan besar Anda akan kehilangan ide untuk menjawab soal dengan benar.

§ Kunci 4

Maksimalkan kemampuan listening Anda pada soal-soal pertama pada masing-masing part.

Tingkat kesukaran biasanya beranjak dari yang paling mudah sampai yang paling susah, dari part A—C. So, maksimalkan pada soal-soal pertama supaya bisa Anda kompensasikan dengan kekurangan Anda pada soal-soal terakhir.

Bila Anda tidak bisa menjawab salah satu soal, Anda tidak boleh terpaku atau menyesalinya. Segera lupakan & jangan terlalu dipikirkan karena Anda masih harus menghadapi soal-soal berikutnya.

Inga’… jangan biarkan lembar jawaban Anda kosong, karena skor Anda tidak akan dikurangi bila salah menjawab soal.

? Kunci Part A (Short Conversation)

§ Kunci 5

§ Kunci 6

§ Kunci 7

§ Kunci 8

§ Kunci 9

§ Kunci 10

§ Kunci 11

§ Kunci 12

§ Kunci 13

§ Kunci 14

§ Kunci 15

§ Kunci 16

* disarikan dari Buku Pintar TOEFL

karya Irham Ali Saifuddin, dkk

cetakan ke8, November 2006

oleh Misskey

dibumbui dengan beberapa pengalaman pribadi & informasi dari berbagai sumber J

Satu Tanggapan

  1. kunci-kunci sungguh misteri ..

    ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: