KuTIPs_Jabat Tangan Menciptakan kesan Pertama

Jabat Tangan Menciptakan Kesan Pertama

Membuat kesan pertama yang menyenangkan merupakan hal penting dalam membangun suatu hubungan dengan orang lain. Jika kesan yang ditimbulkan pertama kali sudah baik, maka Anda boleh berharap bisa melanjutkan hubungan yang lebih baik lagi di masa datang. Tapi kalau kesan pertama yang Anda ciptakan sudah buruk, maka jangan banyak berharap untuk bisa mendapatkan hubungan yang baik lagi .

 

Salah satu faktor yang menentukan baik buruknya kesan Anda di awal pertemuan adalah cara Anda berjabat tangan. Meskipun, hal ini merupakan isyarat sederhana, tapi dampaknya bisa sampai mempengaruhi pandangan orang lain terhadap diri kita. Lantas, seperti apa cara menjabat tangan yang baik?

 

Tangan harus kering

Yang harus Anda ingat saat menjabat tangan seseorang adalah kondisi telapak tangan. Sebelum berjabat tangan dengan rekan Anda, pastikan kondisi tangan dalam keadaan kering. Memang, datangnya keringat pada telapak tangan tak bisa ditahan. Apalagi, jika kita berada dalam kondisi nervous, misalnya saja saat wawancara kerja.

Namun, dengan sedikit trik, hal tersebut dapat diatasi. Misalnya dengan mencuci dan mengeringkan tangan sebelum bertemu dengan orang lain. Lalu dengan mengupayakan untuk tidak mengepalkan tangan. Sikap seperti ini bisa membuat tangan mudah panas dan berkeringat. Tak ada salahnya juga untuk selalu menggenggam tissu atau sapu tangan, dengan demikian bila harus berjabat tangan, kita bisa mengeringkan telapak tangan dengan segera.

 

Jabat erat Tangannya

Yakinlah untuk menjabat tangan rekan Anda dengan erat. Hal ini mengisyaratkan Anda sebagai seorang yang penuh percaya diri. Dan jika Anda menerima jabat tangan seperti ini dari orang lain, sebaiknya terimalah dengan erat dan meyakinkan pula.

 

Atur Tekanan

Aturlah tekanan jabatan tangan Anda. Hindari jabat tangan yang sangat kencang atau jabat tangan dingin serta lembut karena mengesankan saya tidak tertarik pada Anda’. Jabatan tangan yang lembut bisa menunjukkan bahwa Anda adalah seseorang yang lemah, kurang percaya diri, kurang minat serta kurang gagah. Selain itu orang tersebut umumnya kurang bisa menghargai orang lain dan sulit meraih kesuksesan.

Sebaliknya, jabat tangan yang terlalu keras menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang memiliki ego tinggi serta ingin menunjukkan sebagai seorang yang terkuat .

 

Tatap matanya

Jangan pernah memalingkan muka dari orang yang kita salami. Sebaiknya, tatap matanya dalam-dalam. Tunjukkan bahwa Anda concern dengan kehadirannya. Selain itu, saat berjabat tangan, tunjukkan kesan respek, hangat, dan percaya diri. Sebaiknya, sering-seringlah berlatihlah cara menjabat tangan yang baik dan mengesankan.

(conectique.com)

Design By KCM

Copyright © PT. Kompas Cyber Media

Satu Tanggapan

  1. tapi kalau terlalu dalam
    melihat matanya,,
    takutnya dia berpikir
    kalau saya ada perasaan lain
    gimana,,???
    kan jadi aneh rasanya kalau menatap mata seseorang terlalu mendalam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: