Kumpulan Tips: Hurried Women Syndrome

31/12/2004, 14:03 WIB – KOMPAS Cyber Media – Wanita

 Hurried Women Syndrome

Bagaimana Cara Mengatasinya?

 

 

Apakah akhir-akhir ini Anda sering merasa lelah, mudah tersinggung, berat badan terus naik tanpa terkontrol bahkan terkadang Anda sering marah-marah tanpa sebab? Hati-hati saja–kemungkinan Anda sedang menderita Hurried Women Syndrome. Apakah itu? Nah, agar tak semakin bingung. Baca terus paparan berikut ini:

 

Menurut Dr. Brent Bost, obstetrician gynecologist dari beaumont, Texas yang beberapa tahun ini sengaja mengkhususkan diri untuk meneliti gejala ini mengatakan bahwa sindrom ini terjadi disebabkan karena si wanita tersebut telah bertahun-tahun hidup dalam ketergesaan dan selalu dalam situasi terburu-buru tanpa mengambil waktu untuk istirahat dan refreshing untuk dirinya sendiri. Lama kelamaan zat kimia dalam otak si wanita ini mengalami ketidakstabilan. Otak menjadi kelebihan hormon stres yaitu cortisol dan adrenalin serta kekurangan hormon yang menimbulkan rasa senang yaitu serotonin. Nah, perubahan di dalam kadar hormon inilah yang menyebabkan simptom fisik.

 

Jika Anda sekarang sepertinya mengalami gejala seperti di atas, maka segera saja mencegahnya. Caranya?

 

  1. Setiap hari, biasakan 1 hal untuk memanjakan diri sendiri. Pengalaman sensori yang istimewa dapat mengatasi segala bentuk ketegangan dalam diri dan dapat mengaktifkan reseptor dalam otak. Cara yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah berendam diri dengan air hangat, mendengarkan musik lembut sambil menghirup aroma terapi atau melakukan pijatan ringan di daerah bahu dan kepala.

 

  1. Jangan langsung beranjak dari tempat tidur sesaat setelah jam weker berbunyi. Bangun tidur dengan tergesa-gesa akan membuat andrenalin dalam tubuh Anda naik dengan cepat. Dan ini bisa membuat Anda akan merasa cepat lelah sepanjang hari.

 

  1. Memisahkan diri dari teknologi selama 6 jam setelah 5 hari bekerja, sangat membantu menurunkan stimulasi pada otak serta mengurangi hormon stres dalam tubuh. Dalam waktu 6 jam tersebut cobalah untuk tidak mengaktifkan HP, menyalakan komputer atau menonton televisi. Bersantailah ditempat tidur, bermain dengan anak-anak atau memanjakan diri dengan hobi.

 

  1. Pada hari libur lakukan sesuatu yang membuat Anda tertawa dan merasa bahagia. Menonton film komedi situasi atau main game dengan anak-anak juga sangat membantu. Melakukan perawatan tubuh di salon juga sangat membantu.

 

  1. Biasakan diri setiap hari untuk merubah situasi ‘berkecepatan tinggi’ ke situasi yang agak melambat. Misalnya, biasanya berangkat ke kantor dengan terburu-buru sekarang usahakan untuk mengubah jam berangkat Anda agar lebih santai di perjalanan.

 

  1. Menej waktu Anda di kantor dengan baik agar tidak lagi terbiasa membawa pekerjaan pulang ke rumah.

 

 

 

(conectique.com)

 

Design By KCM

Copyright © PT. Kompas Cyber Media

 

Satu Tanggapan

  1. terimakasih atas
    tipsnya..:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: